Makanan Penyebab Asma Kambuh Yang Mesti Dihindari

Demi mencegah agar asma tak mudah kembali menyerang, hindarilah makanan penyebab asma kambuh. Untuk dapat menghindarinya, Anda perlu mengetahui lebih dulu daftar Makanan Penyebab Asma Kambuh Yang Mesti Dihindari

Selamat datang kembali di situs Cara Pemesanan Pro Cleansing Tea yang tak lain adalah salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen penjualan obat herbal online terpercaya yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin herbal yang permbuatannya tanpa bahan kimia sedikitpun. Di kesempatan posting kali ini kami akan memberikan informasi seputar kesehatan yaitu mengenai Makanan Penyebab Asma Kambuh Yang Mesti Dihindari. Ingin tahu apa saja?? berikut uraiannya.

makanan-penyebab-asma-kambuh-yang-mesti-dihindari

Makanan Penyebab Asma Kambuh Yang Mesti Dihindari — Sebagai penderita asma, seseorang harus berhati-hati dalam mengkonsumsi jenis makanan. Meskipun asma identik kambuh akibat polusi ataupun berjalan yang terlalu jauh, namun ternyata terdapat beberapa makanan yang dapat membuat serangan asma menjadi lebih parah.

Banyak kalangan yang belum memahami jika penyakit asma bisa menjadi lebih buruk akibat konsumsi makanan tertentu. Di sekitar kita terdapat berbagai jenis makanan sehat, namun tidak semua menu sehat itu aman bagi penderita asma. Selain menghindari polusi, asap rokok, serta makanan berbahan kimia, pengidap asma juga perlu mengetahui jenis makanan alami yang bisa membuatnya menjadi lebih parah.

Perlu diketahui, Asma merupakan penyakit yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Asma ini terjadi akibat peradangan kronis, sehingga menyebabkan pemnderita menjadi sulit untuk bernafas. Setiap otang bisa saja mengalami gejala asma yang berbeda-beda. Biasanya penyakit asma ditandai dengan munculnya beberapa gejala seperti batuk, sesak nafas, sesak di dada, dan sejenisnya. Sejauh ini penyakit asma belum bisa disembuhkan, jadi penderita cukup mengendalikannya supaya tidak terjadi kambuh lagi. Nah berikut adalah jenis makanan yang bisa memperparah kondisi penderita asma :

  • Kerang

Jika Anda menderita penyakit asma, sebaiknya hindarilah makanan laut seperti kerang sekalipun Anda benar-benar menggemarinya. Mengonsumsi kerang bisa cukup berbahaya dan membuat asma mudah kambuh. Ini karena ada sejumlah senyawa yang terkandung di dalam kerang yang rupanya memberikan efek buruk bagi yang menderita asma.

Ketika mengonsumsi makanan ini terlalu sering padahal Anda mempunyai riwayat penyakit asma, waspadalah. Senyawa di dalam kerang mampu menyebabkan asma kambuh cukup sering, jadi hindarilah konsumsi makanan laut ini untuk sementara waktu. Pilihlah makanan yang benar-benar aman selama sakit asma dan bijaklah dalam menentukan menu makanan sehari-hari supaya asma tak gampang kambuh.

  • Udang

Alergi pada udang dan kerang-kerangan adalah fokus terbanyak yang selalu membuat orang dari segala usia menjadi cemas. Jika Anda sangat sensitif pada allergen ini, bahkan bernapas didekat kerang yang sedang dimasak pun terkadang dapat memicu reaksi pelepasan protein di udara.

  • Kacang

Alergi kacang telah meningkat sejak beberapa tahun belakangan, dan anak-anak termasuk dalam peningkatan alergi ini. Menghindari produk yang mengandung kacang dapat sangat sulit, karena kacang digunakan dalam banyak makanan yang populer dan penggunaannya tidak selalu terlihat atau tercantum dengan jelas. Bahan ini juga dapat ditemukan pada apapun dari saus salad, pudding, kue, hingga beberapa substitusi daging untuk vegetarian. Kontaminasi yang terjadi dalam proses pembuatan produk-produk yang tidak mengandung kacang pun dapat membuat Anda berisiko untuk mengalami reaksi alergi.

  • Susu

Alergi susu lebih umum terjadi pada anak-anak dibanding dewasa. Namun, jika Anda menderita alergi susu, Anda perlu berhati-hati terhadap makanan lain yang diam-diam mengandung susu, seperti daging dan tuna kaleng yang menggunakan protein susu sebagai pengikat, dan restoran yang menggunakan mentega untuk memanggang steak. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca label dan menanyakan banyak pertanyaan ketika berbelanja atau makan di luar.

  • Telur

Gelatin, ragi, dan baking powder adalah substitusi telur untuk beberapa resep. Tapi Anda juga memerlukan pengganti kandungan yang terdapat pada telur. Beberapa minuman spesial, bahan yang dipanggang, pasta, substitusi telur, dan bahkan pretzel terkadang dapat terbuat dari telur. Oleh karena itu, bacalah label sebelum Anda makan. Dan juga, selalu ingat bahwa vaksin influenza biasanya mengandung sedikit kandungan protein dari telur, jadi Anda harus menanyakan dokter Anda apakah aman bagi Anda untuk memperolehnya.

Baca Juga >> Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Nah, itulah Makanan Penyebab Asma Kambuh Yang Mesti Dihindari. Dengan mengenali makanan apa saja yang berbahaya dan memicu asma kambuh, Anda bisa lebih berhati-hati dalam memilih makanan untuk dikonsumsi setiap hari. Sekian dan semoga bermanfaat.

Makanan Penyebab Asma Kambuh Yang Mesti Dihindari

Advertisements

Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Selain enak dan gurih, biji bunga matahari juga kaya akan kandungan vitamin serta nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, kalsium zat besi dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari kandungannya, biji bunga matahari memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Inilah Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Selamat datang kembali di salah satu website resmi Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menjual berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami pilihan tanpa tersentuh bahan kimia.

manfaat-biji-bunga-matahari-untuk-kesehatan

Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan — Biji bunga matahari adalah makanan yang sangat baik untuk nilai kecukupan gizi dan kita sering menganggap sebagai makanan ringan sehat, biji bunga matahari adalah sumber yang sangat baik dari minyak tak jenuh ganda dan yang membuat biji bunga matahari adalah makanan yang bagus untuk kesehatan jantung. Tapi selain itu biji bunga matahari adalah sumber besar nutrisi berharga lainnya juga.

Kandungan biji bunga matahari hampir 90% dari lemak pada biji bunga matahari adalah lemak yang baik, lemak tak jenuh. Biji bunga matahari juga mengandung lemak monosaturated yang membantu menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Selain itu, biji bunga matahari mengandung Vitamin E dan Vitamin B 1 (Thiamin). Mangan, magnesium, tembaga, selenium, fosfor, vitamin B 3 (Niasin), vitamin B5 (Pantothenic) dan folat juga dapat ditemukan dalam jumlah yang baik dalam biji bunga matahari.

Kandungan Nutrisi

Biji bunga matahari (Helianthus annuus)
per sajian 100 g.
Principle Nutrient Value Percentage of RDA
Energi 584 Kcal 29%
Karbohidrat 20 g 15%
Protein 20.78 g 37%
Lemak 51.46 g 172%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat 8.6 g 23%
Vitamins
Folates 227 µg 57%
Niacin 8.335 mg 52%
Pantothenic acid 1.130 mg 22%
Pyridoxine 1.345 mg 103%
Riboflavin 0.355 mg 27%
Thiamin 1.480 mg 123%
Vitamin A 50 IU 1.6%
Vitamin C 1.4 2%
Vitamin E 35.17 mg 234%
Electrolytes
Sodium 9 mg 1%
Potassium 645 mg 14%
Minerals
Kalsium 78 mg 8%
Tembaga 1.800 mg 200%
Zat Besi 5.25 mg 63%
Magnesium 325 mg 81%
Manganese 1.950 mg 85%
Phosphorus 660 mg 94%
Selenium 53 µg 96%
Zinc 5.00 mg 45%
Phyto-nutrients
Carotene-ß 30 µg
Crypto-xanthin-ß 0 µg
Lutein-zeaxanthin 0 µg

Manfaat Biji Bunga Matahari

  • Anti-inflamasi

Biji bunga matahari merupakan sumber makanan yang banyak mengandung vitamin E, yaitu antioksidan yang larut dalam lemak tubuh. Vitamin E diserap tubuh untuk menetralkan radikal bebas yang dapat merusak struktur lemak seperti membran sel, sel-sel otak, dan kolesterol. Dengan melindungi komponen seluler dan molekuler, vitamin E memiliki efek anti-inflamasi yang signifikan, sehingga dapat mengurangi gejala asma, osteoarthritis, rheumatoid arthritis. Vitamin E juga telah terbukti mengurangi risiko kanker usus besar, membantu mengurangi keparahan dan frekuensi hot flashes pada wanita yang mengalami menopause, serta membantu mengurangi komplikasi diabetes.

  • Mencegah penyakit kardiovaskular

Vitamin E dalam biji bunga matahari juga memiliki peran penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular. Vitamin E merupakan salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam partikel kolesterol yang dapat membantu mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol. Kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, atau stroke.

Vitamin E secara signifikan dapat mengurangi risiko mengembangkan atherosclerosis. Studi menunjukkan bahwa seseorang yang mendapatkan vitamin E dalam jumlah yang cukup berada pada risiko yang lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki asupan vitamin E yang tidak memadai.

  • Menurunkan kolesterol

Kandungan pitosterol dalam biji bunga matahari dapat membantu menurunkan kolesterol serta dapat meningkatkan respon dan penurunan risiko kekebalan kanker tertentu.

Sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, para peneliti menunjukkan bahwa sebagian besar jumlah pitosterol hadir dalam kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji wijen memiliki kandungan fitosterol antara 400-413 mg per 100 gram, kenari antar 113 mg / 100grams, biji bunga matahari  memiliki kandungan pitosterol antar 270-289 mg / 100 g, dan biji  labu antara 265 mg / 100 g.

  • Dapat menenangkan saraf, otot, dan pembuluh darah

Kandungan magnesium dalam biji bunga matahari memiliki peran untuk mengimbangi kalsium, sehingga sangat membantu dalam mengatur saraf dan otot. Magnesium dapat membuat saraf seperti pembuluh darah dan otot bekerja normal. Asupan magnesium yang cukup dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, kejang otot (termasuk kejang otot jantung atau kejang saluran udara akibat gejala asma), migrain, kram otot (seperti ketegangan, nyeri dan kelelahan).

  • Menjaga kesehatan tulang

Kandungan magnesium dalam biji bunga matahari juga diperlukan untuk kesehatan tulang dan produksi energi. Sekitar 2/3 dari magnesium dalam tubuh manusia ditemukan dalam tulang kita. Beberapa diantaranya membantu memberikan struktur fisik tulang, dan sisanya dapat ditemukan dan disimpan pada permukaan tulang untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan tubuh.

  • Meningkatkan proses detoksifikasi dan pencegah kanker

Kandungan selenium dalam biji bunga matahari merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selenium telah terbukti menginduksi perbaikan DNA dalam sel yang rusak, menghambat proliferasi sel kanker, dan menginduksi apoptosis mereka, serta digunakan tubuh untuk menghilangkan sel-sel abnormal.

Selain itu, selenium yang tergabung dari banyak protein, termasuk glutation peroksidase sangat penting untuk perlindungan kanker. glutation peroksidase adalah salah satu enzim tubuh yang paling kuat kandungan antioksidan, glutation peroksidase digunakan dalam hati untuk mendetoksifikasi berbagai molekul yang berpotensi membahayakan. Ketika tingkat glutathione peroxidase terlalu rendah, molekul-molekul beracun tidak dihilangkan dan hal tersebut dapat membahayakan sel-sel tubuh, merusak sel DNA, dan mempromosikan perkembangan sel-sel kanker. Kekayaan selenium adalah alasan lain bahwa biji bunga matahari dapat membuat camilan yang baik.

  • Dapat mencegah serangan jantung dan stroke

Biji bunga matahari merupakan sumber yang kaya akan magnesium. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu mengurangi asma, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah migrain, serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Selain itu, Biji bunga matahari juga kaya akan asam lemak linoleat tak jenuh yang dapat membantu menurunkan LDL atau “kolesterol jahat” dan meningkatkan HDL atau ” kolesterol baik” dalam darah. Studi penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner dan stroke dengan mendukung profil lipid darah yang sehat.

  • Baik untuk pertumbuhan anak 

Biji bunga matahari merupakan sumber yang sangat baik untuk protein dengan asam amino kualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan, terutama pada anak-anak.

  • Menurunkan kadar gula dalam darah

Biji bunga matahari banyak mengandung senyawa poli-fenol seperti asam chlorogenic, asam quinic, dan asam caffeic yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Senyawa ini berfungsi sebagai  anti-oksidan alami yang dapat membantu menghilangkan molekul oksidan berbahaya dari tubuh. Asam klorogenat  dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan membatasi pemecahan glikogen dalam hati.

  • Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin E dalam biji bunga matahari merupakan anti-oksidan yang diperlukan untuk menjaga integritas membran sel selaput lendir dan kulit dengan melindunginya dari radikal bebas.

  • Bermanfaat untuk perkembangan janin

Kandungan yang baik akan asam folat dalam biji bunga matahari yaitu sekitar 227 mg / 100 gr sangat penting untuk sintesis DNA serta dapat mencegah cacat saraf pada janin.

  • Mengurangi depresi

Kandungan Niacin dan pyridoxine dalam biji bunga matahari selain mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, juga mampu meningkatkan aktivitas GABA (Gamma-aminobutyric Acid) dalam otak, yang pada gilirannya akan membantu mengurangi kecemasan dan neurosis.

 

Penyebab Kita Ikut Menguap Saat Melihat Orang Lain Menguap

Pernahkah saat Anda sedang berkumpul bersama teman, tiba-tiba salah satu teman Anda menguap, dan Anda ikut menguap juga? mengapa bisa begitu yaa? Berikut Penyebab Kita Ikut Menguap Saat Melihat Orang Lain Menguap

Selamat datang di salah satu situs Alfian Herbal yang merupakan pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan barang 100% asli bukan barang tiruan, karena kami merupakan agen resmi Green World Global. Kami melayani pelanggan dengan sistem “Barang Sampai Baru Bayar“.

Penyebab Kita Ikut Menguap Saat Melihat Orang Lain Menguap

Penyebab Kita Ikut Menguap Saat Melihat Orang Lain Menguap

Penyebab Kita Ikut Menguap Saat Melihat Orang Lain Menguap — Salah satu Gerakan alami tubuh manusia adalah menguap. Menguap biasanya terjadi saat seseorang mengantuk. Fungsi menguap adalah untuk Meningkatkan suplay oksigen. Alasan mengapa kita menguap adalah untuk membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh. Saat kita menguap, maka paru-paru akan terisi oksigen dari luar sekaligus membuang penumpukan karbondioksida. Hal ini mungkin menjelaskan kenapa kita lebih sering menguap saat kita berada dengan banyak orang di tempat tertutup, karena hal tersebut akan membuat karbondioksida lebih banyak sehingga tubuh lebih banyak membutuhkan oksigen.

Meski sering dianggap sebagai penanda rasa kantuk, menguap sebenarnya didesain untuk menjaga kita tetap terjaga, kata beberapa penelitian seperti dilansir BBC dalam sebuah penelitian yang dilaporkan pada tahun 2007 lalu.

Penelitian terbaru menunjukan bahwa, lebih dari sekadar penanda waktunya tidur, alasan menguap adalah untuk mendinginkan otak, sehingga ia bekerja lebih efisien dan menjaga anda tetap terbangun. Namun, berbagai teori ini masih menyisakan banyak pertanyaan tentang kebiasaan manusia perihal menguap dan salah satunya adalah mengapa orang cenderung ikut menguap ketika melihat orang lain menguap, atau bahkan ikut menguap saat sedang membaca tentang menguap atau memikirkan tentang menguap.

Menguap bukan berarti mengantuk

Sedikit pencerahan dari ilmuwan asal University of Albany di New York, Dr. Gordon Gallup, yang melakukan penelitian tentang menguap ini. Ikut-ikutan menguap bukan berarti kita “tertular” rasa kantuk orang lain.

Kami pikir menularnya menguap ini dipicu oleh mekanisme empati pada manusia, yang fungsinya menjaga kewaspadaan otak,” ujar Dr. Gordon, yang memimpin para peneliti di universitas tersebut.

Dalam penelitian lainnya dilaporkan bahwa menguap merupakan salah satu kebiasaan yang memiliki kemampuan “menggiring” secara tidak sadar, sama seperti ketika burung terbang dan mengepakkan sayapnya secara bersama-sama.

Teori lain berhipotesis bahwa jika seseorang menguap karena “tertular” orang lain, ini bisa membantu seseorang mengkomunikasikan tingkat kewaspadaan mereka sekaligus mengkoordinasikan waktu tidur. Pada dasarnya, jika salah seorang memutuskan untuk tidur, mereka akan mengatakannya kepada orang lain dengan menguap, dan akan dibalas dengan menguap juga sebagai sinyal bahwa mereka setuju.

Penyebab menguap menular

Selama ini kita percaya bahwa orang yang mudah tertular menguap adalah orang yang memiliki empati tinggi. Namun peneliti membantah hal tersebut. Mereka berkeyakinan bahwa orang yang tertular saat melihat orang lain menguap sebenarnya memiliki gelombang emosi yang sama dengan orang tersebut.

Peneliti mendokumentasikan dengan baik ketika seseorang merespon dengan cara melihat, mendengar, atau memikirkan tentang orang yang menguap. Menguap yang seperti ini sangat berbeda dengan yang spontan akibat terlalu lelah atau bosan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menguap yang menular tak berkaitan dengan empati, rasa lelah, energi, dan kecenderungannya menurun dengan bertambahnya usia.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mereka mengamati 328 orang sehat yang menguap ketika melihat video orang menguap berdurasi tiga menit. Beberapa partisipan diketahui lebih mudah tertular dan ikut menguap dibandingkan dengan partisipan lainnya, seperti dilansir oleh Health Day News.

Peneliti menemukan bahwa usia adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk tertular menguap atau tidak. Orang yang lebih tua biasanya lebih sulit untuk tertular ketika melihat orang menguap. Namun usia hanya mempengaruhi sekitar delapan persen kecenderungan orang untuk menguap.

Penelitian ini mengungkap bahwa menguap yang menular sama sekali tak berkaitan dengan empati,” ungkap Elizabeth Cirulli dari Duke University School of Medicine.

Peneliti juga menemukan bahwa orang yang memiliki autisme dan schizophrenia memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk tertular ketika melihat orang menguap. Sejauh ini mereka mengetahui bahwa menguap berkaitan dengan gelombang emosi yang setara dengan orang lain serta dipengaruhi oleh faktor usia.

Demikian penjelasan mengenai Penyebab Kita Ikut Menguap Saat Melihat Orang Lain Menguap. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan kita semua dan terima kasih telah berkunjung.

Terus kunjungi situs https://carapemesananprocleansingtea.wordpress.com untuk mengetahui informasi seputar kesehatan lainnya.

Penyebab Kita Ikut Menguap Saat Melihat Orang Lain Menguap

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Lupus

Apa itu penyakit Lupus ? Lupus merupakan penyakit baru yang mematikan setara dengan kanker. Tidak sedikit pengindap penyakit ini tidak tertolong lagi, di dunia terdeteksi penyandang penyakit Lupus mencapai 5 juta orang, lebih dari 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunnya. Untuk mengenal lebih dalam mengenai penyakit lupus simaklah informasi yang kami berikan di bawah ini !!

Lupus eritematosus sistemik

Lupus merupakan penyakit yang terkait dengan kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit autoimune. Penyakit terjadi apabila terjadi anomali pada sistem dan kerja sel pertahanan tubuh manusia. Sel pertahanan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari masuknya kuman atau gangguan eksternal lainnya justru menyerang tubuh pemiliknya[1]. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit mematikan pada jenis Eritematosus Sistemik (SLE) atau yang juga disebut dengan Systemic Lupus Erythematosus (SLE) dalam bahasa Inggiris. Lupus jenis ini lebih dikenal dan sering digunakan untuk menyederhanakan penyebutan dan pemahaman tentang penyakit ini di kalangan umum. Selain jenis tersebut, terdapat beberapa jenis penyakit lupus lainnya, seperti neonatal (lupus yang terjadi pada bayi), dan; drug inducted lupus (lupus yang disebabkan oleh penggunaan obat).

lupus

Inflamasi akibat lupus dapat menyerang berbagai bagian tubuh, misalnya:

  • Kulit
  • Sendi
  • Sel darah
  • Paru-paru
  • Jantung

Gejala penyakit lupus

Gejalanya kerap mirip dengan penyakit lain sehingga sulit untuk didiagnosis. Gejala lupus sangat beragam. Ada yang ringan dan ada yang bahkan mengancam jiwa. Penyakit ini memang tidak menular, tapi bisa berbahaya dan bahkan berpotensi mematikan.

lups

Gejala penyakit lupus yang umum muncul adalah :

  1. Bercak merah pada pada hidung dan pada kedua pipi yang membentuk seperti kupu-kupu. Bercak ini kemudian akan muncul diseluruh bagian tubuh.
  2. Rasa kelelahan dengan tingkat yang berlebih
  3. Nyeri sendi
  4. penyakit anemia dengan kasus parah
  5. Sesak napas yang berat
  6. Sensitif pada sinar matahari

Penyebab penyakit lupus

Meskipun belum ada kepastian mengenai penyebab penyakit lupus, namun beberapa hal ini yang dikabarkan penyebab terjadinya lupus :

a. Sinar matahari

Sinar matahari menjadi salah satu penyebab terjadinya lupus. Paparan sinar matahari yang dapat membawa pada lesi kulit lupus atau memicu respon internal pada orang yang lebih renta.

b. Faktor internal

Faktor internal disebabkan oleh faktor genetika yang menyebabkan adanya kecenderungan anomali pada sistem antibodi yang menyerang bagian-bagian jaringan tubuh. Karena itu, penyakit lupus sering diidentikkan dengan penyakit turunan. Fakta menunjukkan bahwa penyakit lupus akan lebih beresiko diidap oleh orang dari beberapa ras, seperti Ras Amerika Afrika, Latin, Ras Asia Pasifik.

c. Faktor eksternal

Penyebab eksternal lupus terkait erat dengan gaya hidup dan kondisi manusia. Faktor eksternal berarti serangkaian atau satuan penyebab yang merangsang reaksi zat antibodi yang akhirnya menyerang jaringan tubuh. Beberapa penyebab eksternal lupus, antara lain:

  • Stress berlebihan.
  • Penggunaan obat antibiotik seperti amoxilin, ampicilin.
  • Sinar ultraviolet matahari, sinar ultraviolet dari lampu,
  • dan obat-obatan berbahan dasar sulfa seperti Bactrim dan septra, silsoxazole, tolbutamide.

Tanda-tanda penyakit lupus

Selain ada penyebab lupus, ada beberapa tanda-tanda penyakit lupus yang wajib diketahui, agar anda dapat mengenal jika lupus ini datang. Tanda-tandanya adalah :

  • Amnesia. penyakit ini yang akan menyerang memori anda dan akan membuat anda hilang ingatan. Berikut juga dengan tanda-tanda penyakit lupus bisa mengalami amnesia.
  • Rambut rontok parah. Selain karna penyakit leukimia dan sampo yang tidak cocok, rambut rontok juga menjadi tanda-tanda penyakit lupus yang harus segera ditangani.
  • Berat badan yang menurun. Berat badan yang menurun secara drastis itu juga merupaka tanda-tanda penyakit lupus. Dan yang perlu diperhatikan lagi jika berat badan naik secara drastis itu juga merupakan tanda-tanda penyakit lupus.
  • Dada yang nyeri
  • Mulut mengalami peradangan
  • Suhu badan meningkat
  • Lesung (letih, lunglai, lemas dan capek)

SLE tidak bisa disembuhkan. Tujuan pengobatannya adalah untuk mengurangi tingkat gejala serta mencegah kerusakan organ pada penderita SLE.

Beberapa puluh tahun yang lalu, SLE dipandang sebagai penyakit terminal yang berujung kepada kematian. Ketakutan ini disebabkan oleh banyaknya penderita pada saat itu yang meninggal dunia akibat komplikasi dalam kurun waktu 10 tahun setelah didiagnosis mengidap SLE.

Tetapi kondisi pada zaman sekarang sudah jauh lebih baik. Berkatpengobatan SLE yang terus berkembang, hampir semua penderita SLE saat ini dapat hidup normal atau setidaknya mendekati tahap normal. Bantuan dan dukungan dari keluarga, teman, serta staf medis juga berperan penting dalam membantu para penderita SLE dalam menghadapi penyakit mereka.

Itulah yang dapat kami berikan mengenai informasi penyakit lupus. Bagaimana? Setelah anda membaca artikel di atas anda jadi mengenal lebih dalam penyakit lupus bukan??

Baca Juga : Kenali sejak dini gejala diabetes dan cara pencegahannya

Terima kasih telah berkunjung ke salah satu situs resmi Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World Global. Kunjungi terus situs https://carapemesananprocleansingtea.wordpress.com untuk mengetahui informasi mengenai kesehatan lainnya.

MENGENAL LEBIH DALAM PENYAKIT LUPUS