Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Lupus

Apa itu penyakit Lupus ? Lupus merupakan penyakit baru yang mematikan setara dengan kanker. Tidak sedikit pengindap penyakit ini tidak tertolong lagi, di dunia terdeteksi penyandang penyakit Lupus mencapai 5 juta orang, lebih dari 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunnya. Untuk mengenal lebih dalam mengenai penyakit lupus simaklah informasi yang kami berikan di bawah ini !!

Lupus eritematosus sistemik

Lupus merupakan penyakit yang terkait dengan kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit autoimune. Penyakit terjadi apabila terjadi anomali pada sistem dan kerja sel pertahanan tubuh manusia. Sel pertahanan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari masuknya kuman atau gangguan eksternal lainnya justru menyerang tubuh pemiliknya[1]. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit mematikan pada jenis Eritematosus Sistemik (SLE) atau yang juga disebut dengan Systemic Lupus Erythematosus (SLE) dalam bahasa Inggiris. Lupus jenis ini lebih dikenal dan sering digunakan untuk menyederhanakan penyebutan dan pemahaman tentang penyakit ini di kalangan umum. Selain jenis tersebut, terdapat beberapa jenis penyakit lupus lainnya, seperti neonatal (lupus yang terjadi pada bayi), dan; drug inducted lupus (lupus yang disebabkan oleh penggunaan obat).

lupus

Inflamasi akibat lupus dapat menyerang berbagai bagian tubuh, misalnya:

  • Kulit
  • Sendi
  • Sel darah
  • Paru-paru
  • Jantung

Gejala penyakit lupus

Gejalanya kerap mirip dengan penyakit lain sehingga sulit untuk didiagnosis. Gejala lupus sangat beragam. Ada yang ringan dan ada yang bahkan mengancam jiwa. Penyakit ini memang tidak menular, tapi bisa berbahaya dan bahkan berpotensi mematikan.

lups

Gejala penyakit lupus yang umum muncul adalah :

  1. Bercak merah pada pada hidung dan pada kedua pipi yang membentuk seperti kupu-kupu. Bercak ini kemudian akan muncul diseluruh bagian tubuh.
  2. Rasa kelelahan dengan tingkat yang berlebih
  3. Nyeri sendi
  4. penyakit anemia dengan kasus parah
  5. Sesak napas yang berat
  6. Sensitif pada sinar matahari

Penyebab penyakit lupus

Meskipun belum ada kepastian mengenai penyebab penyakit lupus, namun beberapa hal ini yang dikabarkan penyebab terjadinya lupus :

a. Sinar matahari

Sinar matahari menjadi salah satu penyebab terjadinya lupus. Paparan sinar matahari yang dapat membawa pada lesi kulit lupus atau memicu respon internal pada orang yang lebih renta.

b. Faktor internal

Faktor internal disebabkan oleh faktor genetika yang menyebabkan adanya kecenderungan anomali pada sistem antibodi yang menyerang bagian-bagian jaringan tubuh. Karena itu, penyakit lupus sering diidentikkan dengan penyakit turunan. Fakta menunjukkan bahwa penyakit lupus akan lebih beresiko diidap oleh orang dari beberapa ras, seperti Ras Amerika Afrika, Latin, Ras Asia Pasifik.

c. Faktor eksternal

Penyebab eksternal lupus terkait erat dengan gaya hidup dan kondisi manusia. Faktor eksternal berarti serangkaian atau satuan penyebab yang merangsang reaksi zat antibodi yang akhirnya menyerang jaringan tubuh. Beberapa penyebab eksternal lupus, antara lain:

  • Stress berlebihan.
  • Penggunaan obat antibiotik seperti amoxilin, ampicilin.
  • Sinar ultraviolet matahari, sinar ultraviolet dari lampu,
  • dan obat-obatan berbahan dasar sulfa seperti Bactrim dan septra, silsoxazole, tolbutamide.

Tanda-tanda penyakit lupus

Selain ada penyebab lupus, ada beberapa tanda-tanda penyakit lupus yang wajib diketahui, agar anda dapat mengenal jika lupus ini datang. Tanda-tandanya adalah :

  • Amnesia. penyakit ini yang akan menyerang memori anda dan akan membuat anda hilang ingatan. Berikut juga dengan tanda-tanda penyakit lupus bisa mengalami amnesia.
  • Rambut rontok parah. Selain karna penyakit leukimia dan sampo yang tidak cocok, rambut rontok juga menjadi tanda-tanda penyakit lupus yang harus segera ditangani.
  • Berat badan yang menurun. Berat badan yang menurun secara drastis itu juga merupaka tanda-tanda penyakit lupus. Dan yang perlu diperhatikan lagi jika berat badan naik secara drastis itu juga merupakan tanda-tanda penyakit lupus.
  • Dada yang nyeri
  • Mulut mengalami peradangan
  • Suhu badan meningkat
  • Lesung (letih, lunglai, lemas dan capek)

SLE tidak bisa disembuhkan. Tujuan pengobatannya adalah untuk mengurangi tingkat gejala serta mencegah kerusakan organ pada penderita SLE.

Beberapa puluh tahun yang lalu, SLE dipandang sebagai penyakit terminal yang berujung kepada kematian. Ketakutan ini disebabkan oleh banyaknya penderita pada saat itu yang meninggal dunia akibat komplikasi dalam kurun waktu 10 tahun setelah didiagnosis mengidap SLE.

Tetapi kondisi pada zaman sekarang sudah jauh lebih baik. Berkatpengobatan SLE yang terus berkembang, hampir semua penderita SLE saat ini dapat hidup normal atau setidaknya mendekati tahap normal. Bantuan dan dukungan dari keluarga, teman, serta staf medis juga berperan penting dalam membantu para penderita SLE dalam menghadapi penyakit mereka.

Itulah yang dapat kami berikan mengenai informasi penyakit lupus. Bagaimana? Setelah anda membaca artikel di atas anda jadi mengenal lebih dalam penyakit lupus bukan??

Baca Juga : Kenali sejak dini gejala diabetes dan cara pencegahannya

Terima kasih telah berkunjung ke salah satu situs resmi Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World Global. Kunjungi terus situs https://carapemesananprocleansingtea.wordpress.com untuk mengetahui informasi mengenai kesehatan lainnya.

MENGENAL LEBIH DALAM PENYAKIT LUPUS

Advertisements

One thought on “Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Lupus

  1. […] Manfaat dari buah bit adalah sebagai obat hati, pembersih alami ginjal dan kandung empedu, selain itu juga dapat membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh . Melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal. Kombinasi jus bit, wortel dan ketimun, adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun yang tertimbun di kedua organ penyaring tersebut. Bit juga bermanfaat untuk detoksifikasi (pembuangan racun) dan pembersihan isi perut kita, serta masalah wasir. e. Memperkuat fungsi darah f. Memperkuat sistem peredaran darah dan kekebalan tubuh g. Mengatasi anemia dan memproduksi sel-sel darah merah h. Menurunkan kadar kolestrol i. Memberi tenaga dan penyeimbang tubuh j. Mengatasi masalah pencernaan k. Mengatasi masalah ketombe l. Pewarna makanan alami m. Gradasi warna burgundy pada pewarnaan rambut Bila Anda akan mewarnai rambut Anda dengan bubuk henna, cobalah pilih warna hitam dan kemudian dicampur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut Anda akan hitam dengan gradasi burgundy dan alami. Lebih sehat dan tetap cantik alami n. Menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Para ahli di Inggris dan di Amerika Serikat menyarankan penderita hipertensi untuk minum 500 ml jus bit setiap hari. Telah terbukti secara nyata minum jus dari umbi bit ini menurunkan hipertensi . Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah.  Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School menyarankan untuk cara murah ini untuk menurunkan hipertensi. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, bahwa minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung. .Dari percobaan menunjukkan tekanan darah menurun dalam waktu 1 jam setelah minum jus bit. Tiga sampai 4 jam setelah minum jus bit, penurunan tetap berlanjut dan bisa diamati sampai dalam waktu 24 jam Bagaimana? Setelah anda mengupas lebih dalam manfaat buah bit sekarang anda jadi tahu bukan banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya? Terima kasih telah berkunjung ke situs resmi Alfian Herbal ini. Untuk mengetahui info seputar kesehatan lainnya kunjungi terus situs https://carapemesanansetabletforchildadult.wordpress.com karna kami akn update setiap harinya. Baca Juga : Mengenal lebih dalam mengenai penyakit lupus […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s